Saturday, 5 October 2013

Kalender Hijri dan Masehi

Diskripsi Kalender Hijriyah
Kalender Hijri adalah penanggalan yang dipakai oleh ummat muslim dan menjadi standard yang akui oleh syariaat dalam menjalankan hukum-hukum syariat semisal jatuhnya bulan Ramadan, menghitung lamanya masa suci dan haid, menghitung masa iddah dll.

Kalender Hijri sesuai dengan namanya mengacu pada hirahnya Rosululloh SAW dari kota Makkah ke Madinah tepatnya pada hari Senin 8 Rabiul awal 0 H. / 20 September 621 M. dan tahun berikutnya menjadi tahun 1 hijriyah. Tahun 1 hijriyah secara perhitungan/ilmu hisab jatuh pada hari kamis yang bertepatan 15 Juli 622 M., dan secara rukyah dimulai pada hari jumat. (Imam Mahmud Basya)

Pembukuan Pertama Kalender Hijri
Menurut sejarah meskipun kalender hijri mengacu pada hijrah Nabi SAW, tapi di zaman Nabi SAW dan kholifah Abu Bakar alShiddiq kalender hijri tidak dibukukan seperti sekarang karena hanya berpedoman pada rukyah, sementara ruknya hanya bisa dilaksanakan pada bulan berjalan. Dan baru dirumuskan pada zaman kholifah Umar bin Khottob pada hari rabu 20 jumadil akhir tahun 17 H. yang berarti dimulainya penggunaan ilmu hisab dalam pembuatan kalender hijri tanpa meninggalkan tradisi rukyatul hilal.

Penyebab Perbedaan Awal Bulan Hijri
Penetapan awal bulan hijri bisa berdasarkan rukyatul hilal dan bisa berdasarkan perhitungan hilal, metode rukyah bisa menyebabkan perbedaan karena tidak setiap orang dapat melihatnya, metode perhitungan juga dapat menyebabkan perbedaan karena standar penetapannya yang terus berkembang dan cara perhitungannya juga terus berkembang dari masa ke masa, ada yang menggunakan cara dan standar klasik, ada yang menggunakan cara perhitungan dan standar penetapan terkini. Inilah penyebab terjadinya perbedaan.

Diskripsi Kalender Masehi atau Muladi

Kalender Masehi adalah penanggalan yang pengcu pada peredaran matahari.
Kalender ini dinisbatkan pada Nabi Isa alMasih Alaihis Salam. Dan permulaan kalender ini mengacu pada kelahirang Nabi Isa Alaihis Salam karenanya kalender ini juga dikenal dengan nama kalender miladi. Namun dalam penggunaannya kalender ini baru diberlakukan dan digunaan mulai tahun 527M.

No comments:

Post a Comment